Home » » MACAM-MACAM JENIS BAHAN LANTAI, DINDING DAN PLAFOND

MACAM-MACAM JENIS BAHAN LANTAI, DINDING DAN PLAFOND

Unknown | 09.23 | 1komentar

Macam – Macam Jenis Bahan lantai, Dinding dan Plafon

A.  LANTAI

Lantai merupakan penutup permukaan tanah dalam ruangan dan sekitar rumah (teras,carport). Hal yang kadang terjadi adalah kurangnya pemahaman tentang jenis,sifat dan teknik pemasangan setiap lantai sehinggga lantai tidak terpasang secara baik dan tidak berfungsi secara maksimal menurut kebutuhan ruang.
Ada bermacam-macam jenis lantai,tetapi fungsi secara umum sebagai alas pijakan kaki sehingga memberi kenyamanan ketika berjalan diatasnya.Lantai juga dapat memberi nilai estetika suatu rumah sehingga dapat menambah nilai jual bangunan rumah.

Tinggi lantai dari permukaan tanah tergantung pada desain dan selera pemilik rumah dan keadaan lingkungan setempat. Ada yang menyukai lantai rata dengan tanah, tetapi ada pula yang menyukai lantai yang tinggi. Didaerah yang rawan banjir ataupun rob, lantai dibuat harus tinggi dari permukaan air banjir, terhadap jalan raya sebaiknya lantai dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan raya.
Penggunaan lantai pun bermacam-macam. Untuk dalam ruangan (interior) sebaiknya digunakan bahan lantai yang mempunyai warna, pola, dan dimensi serta texstur yang halus. Sedangkan untuk luar ruangan (exsterior) digunakan lantai yang bertexstur kasar supaya tidak licin apabila terkena air.
  • Jenis Bahan Lantai
jenis bahan-bahan lantai biasanya digunakan yaitu tegel, lantai teraso, lantai keramik, lantai marmer, lantai granit, lantai kayu.
1.     Lantai Tegel.
Motif_lantai_restoran_merah_putih_Banyumas_Jateng_Indonesia
Lantai tegel dibuat menggunakan campuran semen dan pasir. Warna lantai tegel dipasaran beragam, mulai dari abu-abu, merah, biru, kuning dan lain sebagainya, lantai tegel berukuran 30 cm x 30 cm atau 40 cm x 40 .cm. Lantai tegel merupakan bahan lantai yang handal, sangat sesuai dengan iklim indonesia, juga memberikan kesan sejuk terhadap ruangan.
Bila akan menggunakan tegel sebagai lantai, pilihlah yang terlihat basah agar tidak mudah pecah atau retak dan tidak gompel sisi-sisinya sehingga pada waktu pemasangan terlihat bagus dan rapi.
Kelebihan lantai tegel dibandingkan dengan lantai yang lainya adalah harganya yang lumayan murah dan pemasangan yang mudah. Namun lantai tegel juga mempunyai kekurangan yaitu jika terkena asam (cuka) akan membekas/bernoda yang sulit untuk di bersihkan.
2. Lantai Teraso
terrazzo
Lantai teraso terbuat dari semen dan pasir yang pada bagian atasnya dilapisi bahan keras dengan beberapa beberapa kombinasi campuran antara kulit kerang laut dan pecahan marmer, sehingga tampak berbagai corak dan texstur sesuai bahan yang digunakan.
Ukuran teraso yang dijual dipasaran antara lain 20 cm x 20 cm,dan 30cm x 30cm dengan warna putih. Sifat lantai teraso hampir mirip dengan lantai tegel. Hanya saja lantai teraso mudah berlumut jika sering terkena air. Agar tahan lama lantai teraso harus sering dilakukan pemolesan ulang.
3. Lantai Keramik
post-29_n
Lantai keramik merupkan jenis bahan lantai yang paling banyak digunakan masyarakat pada saat ini karena sifatnya yang cocok dengan iklim indonesia. Bahkan warna, corak, ukuran lantai keramik yang ada dipasaran juga  beraneka ragam sehingga banyak pilihanya. Saat ini keramik bukan merupakan bahan lantai rumah yang mahal karena prodak local pun kini banyak dipasaran dengan kualitas yang tidak kalah dengan keramik impor.
Pengerjaaan lantai keramik relatif murah, sama dengan pemasangan lantai  tegel dan lantai teraso. Perawatan lantai keramik pun juga relatif mudah, juga tidak mudah tergores. Jika terkena cairan atau kotoran, cairan atau kotoran tidak akan membekas.
Untuk ruang yang terkena air secara langsung, sebaiknya gunakan keramik yang bertexstur kasar agar tidak licin.  Sedangkan untuk ruangan yang lain seperti ruangan tamu, ruang tidur, dan ruang keluarga sebaiknya digunakan lantai bertexstur halus. Keramik juga biasanya digunakan untuk dinding kamar mandi dan WC karena sifatnya yang tidak menyerap  air dan mudah dibersihkan.
4. Lantai Marmer
floor2
Lantai marmer dipasaran ada yang impor dan ada juga yang lokal, marmer impor berasal dari Italia ,Australia, dan Amerika, sedangkan marmer lokal berasal dari Lampung, Tulunggangung, dan Makasar. Lantai marmer terbuat dari batu marmer yang ukuran awalnya berupa bongkahan, kemudian dipotong di pabrik pemotongan.
Konsumen biasanya dapat menentukan sendiri ukuran yang diinginkan atau sesuai pesanan. Warna dan motif yang ada dipasaran cukup bervariasi. Kesan yang ditampilkan dari lantai marmer sangat indah dan mewah,tetapi harganya mahal karena marmer terbentuk dari proses alam yang memakan waktu lama. Bahkan proses pengolahannya pun lama. Marmer cocok digunakan di indonesia.
Kelebihan lantai Marmer
Istimewanya adalah tahan api dan lebih mampu menahan beban yang berat dibandingkan dengan jenis yang lain. Hanya saja, kekurangan marmer adalah jika terkena cairan berwarna (air kopi, air teh, atau tinta) akan meresap dan sulit hilang. Juga jika tidak ada perawatan khusus, marmer bisa berlumut karena terkena cahaya matahari secara terus menerus dan warna bisa berubah. Oleh karena itu, marmer cocok digunakan untuk interior saja, minsalnya ruang tamu dan ruang keluarga.

B.   DINDING

Dinding adalah bagian bangunan yang sangat penting perannya bagi suatu konstruksi bangunan. Dinding membentuk dan melindungi seluruh isi bangunan baik dari segi konstruksi maupun dari segi artistik bangunan. Bahan mentah pembuatan dinding bangunan dibedakan atas :
1.     Dinding Batu Bata
photo-1
Dinding batu bata merupakan dinding yang paling banyak digunakan dalam pembangunan gedung baik gedung sederhana, perumahan, atau gedung berukuran besar. oleh karena itu dinding batu bata mempunyai seni tersendiri dalam sistem pemasangannya.
  • Kelebihan menggunakan batu bata
- kedap air, sehingga jarang terjadi rembesan pada tembok akibat air hujan.
- jarang terjadi keretakan pada tembok.
- kuat dan tahan lama.
  • Kekurangan menggunakan batu bata
- waktu pemasangan lebih lama dibanding dinding lainnya.
- biaya lebih tinggi.
2. Dinding Batu Kapur
Clay-Insulation-Brick-300x225
Dinding ini banyak digunakan dipedasaan, rumah rakyat, pagar pembatas, atau rumah sederhana.
  • Kelebihan menggunakan batu kapur
- Harga dinding batu kapur sangat murah.
- waktu pemasangan cepat dan memerlukan sedikit adukan semen-pasir.
- bila sudah diplester dinding ini tidak terlihat dari tanah atau kapur.
  • Kekurangan menggunakan batu kapur
- Dinding ini memerlukan kolom praktis setiap 2.5 m.
3. Dinding Batako
2490648_20120724081929
Batako merupakan batu buatan yang pembuatannya tidak dibakar. Bahannya dari tras, kapur, dan sedikit semen. Pemakaiannya lebih hemat dari dinding batu bata atau dinding yang lainnya.
  • Kelebihan menggunakan batako
- pemasangannya lebih cepat.
- harga relatif murah.
  • Kekurangan menggunakan batako
- rapuh dan mudah retak.
- menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab.
- dinding mudah pecah.
- menggunakan kolom praktis relatif lebih banyak.
 4. Dinding Bata Hebel atau celcon
bata2
Bata hebel/celcon dibuat dengan mesin di pabrik. Dinding bata hebel/celcon adalah bahan bangunan pembentuk dinding yang mutu kualitasnya tinggi. Penjualan bata jenis ini tidak ada pada agen atau toko material. Melainkan harus memesan terlebih dahulu.
  • Kelebihan menggunakan hebel/celcon
- kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
- ringan dan tahan api.
- pemasangan lebih cepat dan pemotongan lebih mudah hanya dengan menggunakan gergaji.
  • Kekurangan menggunakan hebel/celcon
- harga relatif lebih mahal.
- tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini.
- hanya toko material besar yang menjual bata jenis ini.

C.          PLAFON

Plafond atau langit-langit rumah merupakan bidang pembatas antara atap rumah dan ruangan di bawahnya. Ketinggiannya plafond atau langit-langit rumah umumnya berkisar antara 2,75 s/d 3,75 m. Plafond rumah memiliki banyak fungsi, fungsi utama dari plafond adalah untuk menjaga kondisi suhu di dalam ruangan akibat sinar matahari yang menyinari atap rumah. Udara panas di ruang atap ditahan oleh plafond sehingga tidak langsung mengalir ke ruang di bawahnya sehingga suhu ruang dibawahnya tetap terjaga.
Selain menjaga kondisi suhu ruang dibawahnya, plafond juga berfungsi untuk melindungi ruangan-ruangan didalam rumah dari rembesan air yang masuk dari atas atap, menetralkan bunyi atau suara yang bising pada atap pada saat hujan. Selain itu juga plafond dapat membantu menutup dan menyembunyikan benda-benda (seperti: kabel instalasi listrik, telfon, pipa hawa) dan struktur atap sehingga interior ruangan tampak lebih indah.
Namun saat ini, fungsi plafond rumah juga telah mengalami perluasan persepsi, tak hanya mengakomodir fungsi-fungsi di atas, desain plafond saat ini juga dirancang sedemikian rupa sebagai pemberi kesan estetika khususnya pada interior ruangan.
Kualitas plafond rumah  dipengaruhi oleh bahan atau material plafond yang dipakai, dimana setiap bahan atau material plafond tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu bermunculan beragam bahan dasar yang dapat diaplikasikan untuk membuat plafond dengan harga yang beragam pula.
Bila Anda masih bingung dan belum paham mengenai bahan-bahan maupun bagaimana cara memilih bahan untuk plafond rumah yang baik, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui hal tersebut.
  •  Sifat Bahan dan Karkteristiknya
Semua bahan untuk jenis plafond rumah merupakan bahan–bahan yang baik dan berkualitas. Mengingat bahwa plafond adalah bagian yang juga menampilkan keindahan rumah khususnya bagian interior, maka Anda harus selektif dan pandai memilah jenis dan bahan plafond yang akan digunakan.
Sebelum memilih model dan bahan dasar plafond yang akan Anda aplikasikan pada bagian langit-langit rumah, ada baiknya Anda mempelajari keunggulan dan kelemahan dari tiap jenis dan bahan plafond tersebut.
1.     Tripleks
 harga pasang flafon gypsym rangka hollow
    Gambar Plafond (langit-langit) Rumah Dari Bahan Triplex
Plafond berbahan tripleks merupakan jenis penutup plafond yang sering dipakai. Ukuran tripleks dipasaran adalah 122 cm x 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm dan 6 mm. Pemasangan plafond ini dapat dipasang lembaran tanpa dipotong-potong maupun dapat dibagi menjadi empat bagian supaya lebih mudah dalam penataan dan pemasangannya. Rangka plafond dapat menggunakan kasau 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm.
Keunggulan jenis plafond tripleks proses pengerjaannya lebih mudah dan dapat dilakukan oleh tukang kayu sehingga Anda tidak kesulitan dalam pengerjaannya. Material tripleks mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah dan bahan yang ringan memudahkan pengguna dalam perbaikan apabila terjadi kerusakan untuk menggantinya.
Kelemahan bahan tripleks tidak tahan terhadap api sehingga mudah terbakar dan apabila sering terkena air atau rembesan maka akan mudah rusak.
 2.     Eternit atau Asbes
 Perfil4Gris
Dalam pasaran ukuran plafond eternit atau asbes adalah 1.00 m x 1.00 m dan 0.50 m x 1.00 m. Cara pemasangan pun sama dengan plafond tripleks. Anda dapat menggunakan kasau 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm untuk rangka plafon.
Keunggulannya selain mudah didapat dipasaran, proses pengerjaan pun mudah sehingga tidak menemui kendala. Bahannya yang ringan memudahkan pengguna untuk dapat mengganti apabila terjadi kerusakan.
Kelemahan bahan dari eternit atau asbes tidak tahan terhadap goncangan dan benturan sehingga harus berhati-hati dalam proses pemasangan plafond supaya tidak patah atau retak.
 3.     Serat (Fiber)
Desain-Plafon-Rumah-Fiber
 Saat ini plafond fiber sudah banyak digunakan. Dalam aplikasi untuk plafond rumah menggunakan papan GRC (Glassfiber Reinforced Cement) Board. Harganya relatif murah dibandingkan dengan tripleks. GRC Board mempunyai ukuran 60 cm x 120 cm dengan ketebalan standar 4 mm. Rangka plafond dapat mengunakan kaso 4/6 atau 5/7 maupun besi hollow 40 mm x 40 mm.
Keunggulan plafond GRC tahan terhadap api dan air, lebih kuat, ringan dan luwes. Proses pengerjaanya cukup mudah.
Kelemahan sama dengan plafond eternit atau asbes tak tahan benturan. Material GRC di beberapa daerah masih jarang di jumpai.
 4.     Gypsum Board
 1371974281_173964319_1-Gambar--plafon-gypsum
Plafond gypsum salah satu jenis plafond yang sudah banyak digunakan untuk menutup langit-langit rumah. Ukuran untuk plafond gypsum adalah 122 cm x 244 cm. Untuk rangka seperti GRC Board anda dapat menggunakan kaso maupun besi hollow 4/4 dan 4/2.
Keunggulan, pada saat terpasang plafond gypsum memiliki permukaan yang terlihat tanpa sambungan sehingga banyak diminati masyarakat. Proses pengerjaanya pun lebih cepat. Mudah diperoleh, diperbaiki serta diganti.
Kelemahan, tidak tahan terhadap air sehingga mudah rusak ketika terkena air atau rembesan air. Tidak semua tukang dapat mengerjakannya, perlu keahlian khusus untuk mengaplikasikannya
 
SUMBER :http://rikaarba.wordpress.com/2013/12/22/123/
Share this article :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Untuk bahan bangunan banyakgu digunakan rekayasa material dengan bahan yang lebih kuat dan ekonomis seperti GRC tsb

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIDWAN ARSITEK MUDA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger